Cara Buat Aplikasi Android Lewat HP: 5 Keuntungan

Keuntungan dan Cara Buat Aplikasi Android Lewat HP – Di era serba digital, gadget dan smartphone menjadi semakin canggih. Banyak aplikasi yang bisa ditemukan baik dalam versi gratis maupun versi berbayar. Seringkali pengguna merasa tidak puas dan mencari cara buat aplikasi android lewat HP karena berbagai alasan.

Seringkali pengguna merasa terdorong untuk menambahkan aplikasi baru yang dapat dijalankan di sistem operasi android. Namun, hal tersebut tidaklah semudah apabila dibuat menggunakan komputer. Meskipun demikian, bukan hal yang sulit untuk membuat aplikasi android lewat HP asalkan mengikuti langkahnya dengan benar.

Cara buat aplikasi android lewat hp bisa disimak selengkapnya pada artikel berikut.

Cara Buat Aplikasi Android Lewat HP

Terdapat banyak cara buat aplikasi android lewat HP  yang bisa ditempuh. Tentu saja setiap cara memiliki  kekurangan dan kelebihannya sendiri. Untuk membuatnya sendiri memerlukan bantuan dari software atau website tertentu. Berikut beberapa diantaranya:

1. Gunakan Android Studio

Cara Buat Aplikasi Android Lewat HP: 5 Keuntungan - Android Studio
Source: Android Studio

Salah satu cara buat aplikasi android lewat HP bisa dilakukan di Android Studio. Banyak orang yang memanfaatkan ini untuk memulai membuat aplikasi mobile karena memang Android Studio cukup populer. Adapun langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pastikan sudah download dan menginstall Java Development Kit terlebih dahulu. Java Development Kit sendiri ialah perangkat lunak yang sangat bermanfaat bagi pengembangan aplikasi yang berbasis Java.
  • Setelah itu, silahkan klik pada bagian “Create new project”.
  • Kemudian silahkan isi nama aplikasi dan pilih lokasi penyimpanan project yang akan dibuat.
  • Silahkan pilih minimum OS Android yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan aplikasi yang akan dibuat.
  • Cara buat aplikasi android lewat HP selanjutnya yaitu silahkan pilih “Empty activity”.
  • Jangan lupa untuk memberi nama activity yang akan dibuat, lalu klik “Finish”.
  • Pengguna hanya perlu fokus pada main activity dan activity_main.xml saja.
  • Selanjutnya silahkan lihat tampilan android dengan membuka file “Activity_main.xml”.
  • Berikutnya, jalankan aplikasi android dengan klik tombol “Play”.
  • Aplikasi yang dibuat pun sudah bisa digunakan.

Baca Juga: Aplikasi PC Pendeteksi Kerusakan HP Android

2. Gunakan AppsGeyser

Cara Buat Aplikasi Android Lewat HP: 5 Keuntungan - AppGesyser
Source: App Geyser

Cara buat aplikasi android lewat HP  juga bisa dilakukan menggunakan AppsGeyser. Langkah yang bisa dilakukan untuk membuat aplikasi mobile menggunakan ini juga tidaklah terlalu sulit. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Silahkan buka situs AppsGeyser.
  • Setelah itu, klik tombol “Create now for free”.
  • Pengguna bisa memilih berbagai macam template yang tersedia.
  • Kemudian, silahkan masukkan halaman website yang ingin dibuat pada kolom yang tersedia.
  • Selanjutnya tekan “Go” untuk mengubah konten yang ada.
  • Pengguna bisa memilih warna tema aplikasi dengan scroll ke bawah. Jika sudah menemukan yang tepat, maka bisa dilanjutkan dengan klik “Next”.
  • Silahkan ketikkan nama aplikasi lalu tekan “Next”.
  • Pengguna diminta untuk memasukkan deskripsi aplikasi yang sedang dibuat. Silahkan isi sesuai dengan aplikasi lalu klik “Next”.
  • Cara buat aplikasi android lewat HP selanjutnya yaitu silahkan pilih ikon aplikasi yang tersedia maupun bisa membuatnya sendiri menggunakan Photoshop.
  • Setelah itu, silahkan klik “Next”.
  • Klik “Create” untuk melanjutkan proses tersebut.
  • Pengguna bisa mempublish aplikasi yang sudah dibuat ke Google Play Store atau mengunduhnya secara langsung.

Keuntungan Membuat Aplikasi Mobile

Setelah mengetahui cara buat aplikasi android lewat HP, pengguna juga perlu mengetahui keuntungan yang bisa diperoleh apabila membuat aplikasi mobile. Setidaknya terdapat 5 keuntungan yang akan didapatkan oleh pengguna yang membuat aplikasi mobile, antara lain:

1. Memperluas Market

Seperti yang diketahui bahwa pengguna internet didominasi oleh pengguna smartphone. Setidaknya 2,5 jam per hari digunakan untuk mengakses internet melalui smartphone. Tidak heran apabila banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk menciptakan aplikasi baru.

Di Indonesia sendiri, masyarakat sudah terbiasa menggunakan aplikasi mobile untuk melakukan berbagai aktivitas dan kegiatan. Ini menjadi target pasar yang bisa diraih apabila bisnis yang dijalankan memiliki aplikasi mobile.

Dengan aplikasi mobile, maka setiap pengusaha mampu dengan mudah untuk mengembangkan market lebih luas lagi. Hal ini karena aplikasi mobile merupakan bentuk investasi jangka panjang untuk bisnis yang dijalankan.

2. Mendapatkan Penghasilan Dari Google

Keuntungan lain yang membuat orang-orang mulai mencari cara buat aplikasi android lewat HP yaitu bisa mendapatkan penghasilan dari Google. Selain sebagai blogger atau youtuber, membuat aplikasi mobile dan menguploadnya di Playstore juga bisa mendapatkan penghasilan.

Setiap pembuat aplikasi bisa bekerja sama dengan media periklanan sehingga aplikasi tersebut bisa dipasang iklan. Dari iklan tersebut, nantinya pembuat aplikasi akan mendapatkan komisi apabila banyak user mengunduh aplikasi dan iklan mendapatkan klik atau view.

3. Member Berbayar

Tidak hanya memasang iklan di aplikasi, keuntungan lain yang bisa diperoleh yaitu bisa menyediakan aplikasi berbayar. Ini berarti seseorang harus membayar terlebih dahulu untuk mendapatkan aplikasi tersebut sejumlah biaya yang sudah ditetapkan.

Aplikasi dengan sistem berbayar ini menjadi peluang yang sangat bagus untuk mendapatkan penghasilan secara online. Semakin banyak orang yang tertarik dan berani untuk mengeluarkan uang demi mengunduh aplikasi tersebut, maka keuntungan yang didapatkan juga semakin tinggi.

Namun meskipun begitu, tidak bisa serta merta mendapatkan keuntungan. Harus diimbangi dengan promosi agar semakin banyak masyarakat yang mengenal aplikasi buatan Anda.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan kualitas dan kemudahan dari aplikasi yang ditawarkan. Tentu saja agar konsumen tidak merasa sia-sia karena sudah mengeluarkan uang demi mendapatkan aplikasi. Aplikasi yang menerapkan sistem berbayar harus memiliki keunggulan dibandingkan aplikasi gratisan.

Baca Juga: Cara Mencairkan Uang di Aplikasi Dana

4. Meningkatkan Loyalitas Konsumen Dan Kredibilitas Usaha

Konsumen yang sudah menginstall aplikasi tersebut di smartphone, maka akan lebih mudah mengingat bisnis maupun usaha yang dijalankan oleh pembuat aplikasi. Tidak menutup kemungkinan para konsumen akan sering membuka aplikasi untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Inilah alasan mengapa banyak pengusaha yang kemudian berinisiatif dan mempelajari cara buat aplikasi android lewat HP. Tentu saja karena meskipun sudah memiliki website, konsumen akan merasa lebih dimudahkan dengan kehadiran aplikasi mobile.

Konsumen sendiri tidak harus mencari jasa maupun produk lain melalui mesin pencarian. Ini akan meningkatkan loyalitas konsumen dan kredibilitas usaha. Hal tersebut karena banyak orang beranggapan bahwa sebuah usaha yang memiliki aplikasi mobile dinilai lebih terpercaya.

5. Menonjol Dalam Persaingan

Aplikasi dalam bentuk mobile mungkin masih jarang digunakan oleh para pelaku usaha kecil. Namun, hal tersebut justru menjadi peluang yang besar di hadapan para pesaing. Dengan menjadi yang pertama dan mengembangkan aplikasi mobile kemudian menawarkannya, ini akan memberi peluang yang menjanjikan.

Pembuat aplikasi sekaligus pemilik usaha tersebut akan dianggap sebagai pelopor dari perkembangan pemanfaatan aplikasi mobile untuk membesarkan bisnisnya. Ini membuat pelaku bisnis dan produk yang dijual pun menjadi semakin dikenal oleh banyak orang.

Itulah ulasan mengenai cara buat aplikasi android lewat HP dan keuntungan yang bisa diperoleh apabila membuat aplikasi mobile. Tidak hanya berguna untuk mengembangkan dan membesarkan bisnis, aplikasi mobile juga bisa menjadi investasi jangka panjang yang mampu menambah penghasilan pengguna. 

Jika dirasa kurang maksimal hasilnya, maka harus banget memakai PC. Di sana sudah banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan dengan beragam tools canggih. Baik itu software gratis sampai yang berbayar sekalipun.

Zayn MRA

Senang menulis dan berbagi tutorial tentang teknologi

Tinggalkan komentar