Cara Pasang Wifi Indihome dan Harga Paket Internetnya

Indihome adalah salah satu provider penyedia internet dan telepon rumah, juga penyedia layanan televisi kabel. Indihome sendiri merupakan anak perusahaan dibawah Telkom Indonesia Tbk. (Persero) yang merupakan bagian dari BUMN.

Indihome sendiri juga menjadi salah satu penyedia internet kabel dengan jangkauan paling luas karena mereka merupakan yang pertama sehingga akses kepada wilayah yang ada di Indonesia.

Di sini kita akan membahas cara pasang wifi Indihome yang banyak orang mencari dan bertanya. Kita akan membahas berikut ini, silakan disimak.

Cara Pasang Indihome

Mengecek Ketersediaan Jaringan
Sebelum melakukan pemasangan wifi Indihome, kita harus mengetahui terlebih dahulu apakah wilayah di mana kita akan memasangnya tersedia atau tidak. Hal ini sering kejadian kasus karena banyak calon pelanggan yang tiba-tiba mengajukan pemasangan padahal itu belum tersedia di wilayah mereka.

Untuk melakukan pengecekan ketersediaan jaringan ini, kita dapat menggunakan fasilitas yang telah dibuat oleh Indihome. Silakan buka laman berikut ini: https://myih.telkom.co.id/login:check-coverage–map

Nantinya, kita akan diminta untuk memasukkan alamat email atau nomor handphone terlebih dahulu.

Jika belum memiliki akun, sebelumnya kita harus mendaftar terlebih dahulu akun Indihome yang nantinya akan kita gunakan untuk mengecek ini, ya.
Setelah itu, kita dapat melakukan pengecekan apakah layanan Indihome tersedia di tempat kita akan memasang atau tidak.

Cara alternatif lain untuk mengecek ketersediaan jaringan ini kita dapat langsung datang ke kantor Indihome terdekat, sekaligus kita dapat melakukan konsultasi.

Jika tidak, terdapat call center atau biasanya nomor sales yang dapat kita hubungi sehingga nantinya kita akan diminta alamat kita berikut denah lokasi menggunakan Google Maps biasanya.

Baca juga: GraPARI Telkomsel Terdekat, Online, dan Pelayanannya

Ada beberapa hal yang membuat kita tidak dapat memasang jaringan wifi Indihome ini. Pertama, kita harus memastikan ketersediaan PAL internet yang akan digunakan untuk menyambungkan kabel internet ke tempat kita.

Jika tersedia, mereka juga akan mengecek kembali apakah ada slot PAL yang kosong atau tidak. Biasanya setiap PAL akan memiliki 8 slot pengguna.

Jika belum terdapat PAL disekitar tempat Anda bakal memasang, biasanya kita diharuskan untuk menunggu atau mencari orang yang juga ingin memasang jaringan dari Indihome ini. Hal ini biasanya terjadi di daerah.

Berbeda dengan di kota besar atau di tempat yang tidak begitu pelosok wilayahnya, ketersediaan PAL ini akan jauh lebih banyak dikarenakan penggunanya juga banyak.

Ya ini sebenarnya agak mengganjal ketika kita ingin menggunakan layanan mereka tapi mengharuskan mencari 8 orang untuk memasang. Bukan hal yang gampang tentunya.

Paket Internet Indihome

Setelah kita berhasil mengecek ketersediaan jaringan di atas, maka selanjutnya sebelum mendaftar kita akan diperlihatkan paket-paket yang Indihome miliki.

Paket PromoKecepatan Up toHargaCocok Digunakan Perangkat
IndiHome Paket 2P Internet + Phone Diskon Biaya PSB20 Mbps 275.000/Bulan3-5
IndiHome Paket 2P Internet + Phone Diskon Biaya PSB 30 Mbps 315.000/Bulan 5-7
IndiHome Paket 2P Internet + Phone Diskon Biaya PSB 50 Mbps 445.000/Bulan 10-12
IndiHome Paket 2P Internet + Phone Diskon Biaya PSB 100 Mbps 795.000/Bulan 15-18
IndiHome Paket 2P Internet + TV Diskon Biaya PSB 30 Mbps 370.000/Bulan 5-7
IndiHome Paket 2P Internet + TV Diskon Biaya PSB 50 Mbps 595.00p/Bulan 10-12
IndiHome Paket 2P Internet + TV Diskon Biaya PSB 100 Mbps 945.000/Bulan 12-18
IndiHome Paket 3P Internet + TV + Phone Diskon Biaya PSB 30 Mbps 385.000/Bulan 5-7
IndiHome Paket 3P Internet + TV + Phone Diskon Biaya PSB 50 Mbps 650.000/Bulan 10-12
IndiHome Paket 3P Internet + TV + Phone Diskon Biaya PSB 100 Mbps 965.000/Bulan 12-18
Promo Spesial IndiHome 30 Mbps 275.000/Bulan 5-7
Promo Spesial IndiHome 100 Mbps 625.000/Bulan 12-18

Untuk melanjutnya cara pasang wifi Indihome ini, silakan buka laman berikut ini: https://indihome.co.id/paket/daftar

Di sana, terdapat beberapa paket yang ditawarkan oleh Indihome. Paket paling murah saat ini ialah paket internet dan telepon yang dibanderol sebesar Rp275.000.

Benefit yang didapatkan oleh penggunanya yakni internet rumah dengan kecepatan up to 20Mbps dan telepon 50 menit. Kemudian, terdapat benefit juga yakni berlangganan Disney+ Hotstar.

Kemudian untuk paket paling mahalnya, dibanderol dengan harga Rp965.000 yang sudah termasuk TV kabel, telepon 100 menit, dan juga akses ke layanan premium seperti Disney+, Mola, WeTV, NetFlix, UseeTV, dan Catchplay.

Paket-paket yang disediakan oleh Indihome ini sendiri tergantung pada item apa yang akan kita pasang. Misalnya paket internet dan telepon saja, atau harus menambah layanan televisi kabel yang pastinya akan dikenakan harga yang berbeda.

Selain itu, untuk gamer, Indihome juga menyediakan paket khusus yang item di dalamnya hanya ada paket internet dan telepon juga. Biasanya, paket ini cenderung lebih stabil atau lebih diutamakan karena manyesuaikan paket yang disediakan.

Baca juga: Paket Gojek Telkomsel, Syarat, dan Keuntungannya

Harga yang ada pada web tersebut pun bisa jadi berubah-ubah karena akan menyesuaikan dengan event atau kampanye promo yang sedang diadakan.

Perlu diketahui bahwa harga tersebut belum termasuk biaya pajak 11%, ya.
Mendaftar Pemasangan Indihome
Setelah ketersediaan jaringan sudah dipastikan, paket juga sudah dipilih, maka selanjutnya adalah proses pendaftaran. Dalam proses ini, silakan siapkan e-KTP yang nantinya data-data kita akan diverifikasi dan diajukan pemasangannya.

Kemudian, setelah pendaftaran dan pengumpulan data berhasil, kita akan dihubungi oleh teknisi lapangan yang akan datang untuk melakukan penyambungan kabel dan instalasi perangkat.

Biasanya, teknisi akan datang 1-3 hari setelah kita melakukan pendaftaran. Namun biasanya lebih cepat, tergantung berapa banyak pelanggan yang sedang dilayani saat ini.

Kekurangan Indihome

Hal yang perlu diperhatikan adalah ketika kita memasang Indihome ini pada awal kita harus membayar setidaknya 2 kali biaya bulanan untuk backup. Kemudian, kontrak yang harus kita ikuti adalah pengguna harus menggunakannya sekurang-kurangnya 1 tahun. Jika tidak, maka ada penalti.

Tentu ketentuan ini berubah-rubah, jadi kita harus memastikan untuk melakukan konfirmasi kepada sales atau pihak Indihome yang terhubung dengan kita.

Kemudian, alat yang dipasang di rumah kita bukan menjadi hak kita atau milik kita, melainkan peralatan tersebut tetap miliki Indihome karena mereka sistemnya adalah berlangganan/sewa.

Alternatif Indihome

Sebagai alternatif dari cara pasang wifi Indihome ini sudah diberikan oleh Telkom. Mereka merilis produk bernama Orbit yang merupakan modem internet rumah.

Modem ini sistemnya hampir sama seperti Indihome, namun akses internet ini bukanlah internet kabel, melainkan internet yang menggunakan jaringan seluler dan telekomunikasi milik Telkom.

Wifi Orbit ini menggunakan jaringan Telkomsel yang membuatnya akan bergantung dengan jaringan provider tersebut yang ada di wilayah kita.
Namun, paket yang ditawarkan pastinya jauh lebih murah ketimbang paket-paket yang ditawarkan di kartu Telkomsel, Halo, dan juga by.U.

Baca juga: Cara Melihat Password Sistem Pada Aplikasi Orbit (Semua Tipe)

Berbeda dengan Indihome yang mana peralatan adalah tetap milik mereka, modem Orbit ini akan menjadi kita. Selain itu, tempat yang bisa digunakan itu sangat portabel karena kita tidak harus memasangnya di rumah, melainkan kita bisa membawa dan memasangnya di tempat-tempat yang kita inginkan.

Ini dapat menjadi alternatif Indihome sekaligus dapat menjadi backup internet ketika internet kabel dari Indihome sedang ada masalah. Modem Orbit ini juga memiliki paket-paket internetnya sendiri yang dapat dilihat melalui website mereka.

Biasanya mereka akan memberikan paket promo untuk 3 bulan pertama, dan kemudian pengguna akan menerima harga normal setelahnya.

Jenis modem yang mereka tawarkan pun beragam, bergantung pada spesifikasi apakah wifi yang dihasilkan mendukung pita 2,4GHz atau 5GHz.

Namun sayangnya, dalam paket internet modem Orbit ini tidak ada bundling seperti Disney+ dan sebagainya yang ada pada paket Indihome.

Baiklah, itu dia cara pasang wifi Indihome berikut alternatif yang dapat digunakan sebagai ganti dan juga opsi cadangan. Terima kasih!

Abdul Aziz

Pegurus di Blog Ini

Tinggalkan komentar